Rabu, 18 Februari 2015

Manfaat Intranet Dan Internet Secara Umum

     OK teman – teman kali ini saya ingin memberi tahu apa Manfaat Intranet Dan Internet Secara Umum itu, mungkin di antara teman – teman ada yg tahu  mungkin juga ada yang belum tahu. Nah kalau begitu marilah kalian bisa simak artikel saya di bawah ini ya.

     Sebagian besar dari masyarakat yang tinggal di daerah perkotaan saat ini tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya internet. Yup, jaringan komunikasi yang terhubung ke seluruh penjuru dunia ini memang terus berkembang dari tahun ke tahun. Penggunaannya pun bisa berdampak beragam, baik itu negatif maupun positif tergantung kepada pemakainya.


     Tetapi apakah sebagian besar mengetahui bahwa bukan hanya internet saja yang bisa disebut sebagai  jaringan komukasi? Benar sekali, selain internet masih ada jenis jaringan lain yang bisa kita pergunakan untuk berkomunikasi maupun bertukar data, yaitu intranet dan ekstranet. Pada tulisan kali ini kita hanya akan membahas tentang internet dan intranet, juga mengenai manfaat internet dan intranet secara umum.

     Internet, yang berasal dari kata interconnection networking, merupakan jaringan komputer dari seluruh dunia yang saling terhubung melalui standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) yang digunakan untuk melayani jutaan hingga miliaran pengguna yang tersebar di seluruh dunia. Proses pertukaran data yang cepat serta akses 24 jam non-stop menjadikan jaringan internet semakin banyak digunakan dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Untuk lebih memahami dan mengenal tentang pengertian internet, silahkan cek artikel terkait mengenai Pengertian Internet Dan Asal Usul Istilah Internet.

     Sedangkan intranet, adalah istilah generik untuk koneksi jaringan komputer pribadi dalam sebuah organisasi atau perusahaan. Secara garis besar, pengertian intranet memang hampir sama seperti internet, yang berbeda hanya keterbukaan aksesnya dimana intranet merupakan sebuah jaringan pribadi (private network) yang menggunakan protokol-protokol Internet (TCP/IP), untuk membagi informasi yang bersifat rahasia terkait perusahaan atau kegiatan yang berlangsung di dalam perusahaan tersebut kepada karyawannya.

Dengan kata lain, intranet bisa juga disebut sebagai “jaringan internet pribadi” yang berskala lebih kecil dibandingkan internet. Hal-hal yang harus dimiliki ketika kita akan membangun jaringan intranet yaitu beberapa komponen yang membangun Internet, berupa protokol Internet (Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga server. Pada umumnya komponen protokol yang biasa digunakan dalam intranet adalah HTTP dan beberapa protokol internet lainnya seperti FTP, POP3, atau SMTP. Contoh paling sederhana dari penerapan intranet yang bisa kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari yaitu warnet.
Lalu apa saja manfaat internet dan intranet secara umum, serta dampak positif yang bisa didapat dari internet dan intranet?  Pada dasarnya kedua jenis jaringan ini jaringan ini bisa dimanfaatkan untuk keperluan sebagai berikut :

Manfaat internet secara umum

Sebagai sumber informasi yang tidak terbatas
Internet menyediakan akses yang terbuka bagi siapa saja, kapan saja dan dimana saja. Didalamnya terdapat berbagai macam informasi baik itu yang berhubungan dengan bisnis, hiburan,berita, sosial dan lain-lain. Tentu saja internet akan berdampak positif bagi kita jika kita menggunakannya secara positif pula.

Sebagai sarana komunikasi paling efisien
Dengan memanfaatkan internet, komunikasi antar negara bahkan benua pun dapat dilakukan dengan mudah. Orang-orang bisa bertatap muka secara langsung melalui video dan bertukar cerita maupun menyampaikan suatu berita tanpa harus bertemu secara langsung. Dan masih banyak lagi manfaat internet yang lainnya.

Sedangkan manfaat intranet secara umum

Sebagai alat efisiensi bagi perusahaan / organisasi
Karena sebagian besar jaringan intranet digunakan untuk keperluan perusahaan ataupun organisasi, maka efisiensi menjadi salah satu tujuan yang ingin dicapai. Dengan jaringan pribadi yang lebih mengutamakan keamanan informasi dan laju data perusahaan, manfaat intranet akan lebih terasa bagi perusahaan / organisasi yang menggunakannya.

Menjadikan perusahaan / organisasi lebih kompetitif
Dengan jaringan yang terintegrasi ke departemen-departemen dan bagian lainnya di dalam perusahaan, maka manajemen kontrol pun akan lebih mudah dilakukan. Jika perusahaan mampu mengelola sumber daya yang terdapat di dalamnya dibantu dengan manajemen perusahaan yang baik, maka nilai kompetitif perusahaan pun akan bertambah dimata pesaing mereka.

     Gimana  teman – teman sudah paham atau belum manfaatnya ? Kalau belum paham kalian bisa menyampaikan masalah kalian di kolom komentar. Dan satu lagi, jangan lupa ya kunjungi blog saya setiap ada kesempatan, baca juga ini ya Kegunaan Intranet

Tidak ada komentar:

Posting Komentar